CARA PENANGGULANGAN PERTAMA GANGGUAN DI RONGGA MULUT

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :


Pada saat terjadi keluhan pada gigi dan mulut selama kehamilan, segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan gigi.Pada keadaan darurat untuk menanggulangi rasa sakit gigi, tenaga kesehatan dapat memberikan obat pereda rasa sakit. Penggunaan obat-obatan yang tidak terkontrol akan membahayakan sehingga dapat menyebabkan gangguan kehamilan, seperti keguguran, bayi lahir cacat, dsb. Karena jangkauan pelayanan kesehatan gigi belum merata sampai di pelosok desa, maka pemanfaatan obat tradisional untuk menanggulangi masalah kesehatan gigi dan mulut dapat digunakan dalam keadaan darurat sebelum dirujuk ke klinik gigi atau dokter gigi. Berikut ini tercantum beberapa bahan sebagai pereda rasa sakit, pengurang bau mulut, obat sariawan dan obat mengurangi bengkak pada pipi. 


1. Bahan sebagai obat untuk meredakan rasa sakit gigi 


Cengkeh รข€“ Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya ...
a. Bunga Cengkeh 
Bunga cengkeh segenggam disangrai sampai kering, ditumbuk halus menjadi tepung. Bubuk cengkeh dimasukan ke dalam lubang gigi yang sakit. 





 b. Garam Dapur 
Garam dapur ½ sendok teh dilarutkan dengan air hangat segelas, digunakan untuk kumur-kumur. 



c. Bawang Putih 
1 siung bawang putih dibuang kulit arinya, dihaluskan lalu masukkan ke dalam lubang gigi yang sedang sakit, tanpa tekanan. Lalu ditutup sedikit dengan kapas bersih, tanpa ditekan.Biarkan beberapa saat sampai rasa sakitnya hilang. 




2. Bahan Pengurang Bau Mulut 

a. Daun Sirih 
15 lembar daun sirih direbus dengan 1,5 gelas air sampai mendidih. Dipakai untuk kumur-kumur, biarkan dalam mulut sekitar 1 menit. Diulang sampai terasa segar. 

b. Bunga Cengkeh 
2 butir cengkeh yang kering dibersihkan, dikunyah, dibiarkan selama beberapa menit dalam mulut, kemudian sepahnya dibuang. 
3. Bahan sebagai obat sariawan 

a. Jeruk Nipis 
3 buah jeruk nipis ukuran sedang diperas airnya, masukkan gula aren sedikit lalu seduh dengan air panas dan aduk sampai rata. Ramuan diminum 3 kali sehari selama 2 hari 

b. Daun Sirih 
5 lembar daun sirih tua diremas-remas, diseduh dengan air panas dan dipakai untuk kumur-kumur. Digunakan untuk sekali Daun Saga 2 genggam daun saga direbus dengan 4 gelas air, sampai airnya tinggal 2 gelas. Diminum sedikit demi sedikit sampai habis. Diminum setiap hari sampai sariawan hilang. Ramuan untuk sekali minum. 





4. Bahan sebagai obat mengurangi bengkak pada pipi 

a. Asam Kawak Asam kawak sebesar ibu jari (20 gram), 1 sendok teh garam dilumatkan ½ cangkir air dengan cara diremas-remas lalu dilumurkan pada pipi yang bengkak. 


b. Jahe 
1 potong jahe sebesar ibu jari dicuci, dihaluskan, ditambah air secukupnya, ditempelkan pada pipi yang bengkak.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :